Home » » Cara mengqodho' sholat dan ketentuan-ketentuan hukumnya

Cara mengqodho' sholat dan ketentuan-ketentuan hukumnya

Written By siroj munir on Senin, 31 Desember 2012 | 00.39


Pertanyaan :
Asslamu'alaikum ...
Bagaimana caranya menggantikan shalat yg tertinggal ?
monggo dijawab ..

( Dari : Ryda RokhiLa )


Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh

Dibawah ini kami uraikan ketentuan-ketentuan hukum dan cara mengqodho' sholat :

1. Kewajiban mengqodho' sholat yang ditinggalkan

Orang yang wajib mengerjakan sholat, kemudian ia tidak mengerjakannya sampai waktunya habis, maka ia diwajibkan mengqodho' sholat yang ia tinggalkan, berdasarkan sabda Nabi ;

مَنْ نَسِيَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلَّا ذَلِكَ

"Barang siapa yang lupa mengerjakan sholat, maka hendaklah ia melaksanakannya jika telah mengingatnya, tidak ada tebusan baginya kecuali itu." (Shohih Bukhori, no.597 dan Shohih Muslim, no.684)

Dalam riwayat lain dijelaskan ;

إِذَا رَقَدَ أَحَدُكُمْ عَنِ الصَّلَاةِ، أَوْ غَفَلَ عَنْهَا، فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا

“Apabila salah seorang dari kalian tertidur hingga luput dari mengerjakan satu shalat atau ia lupa, maka hendaklah ia menunaikan sholat tersebut ketika ia ingat."
(Shohih Muslim, no.684)

2. Bergegas mengqodho' sholat

Dan diperbolehkan mengakhirkan qodho' sholat yang ditinggalkan, apabila sholat tersebut ditinggalakan karena ada udzur, seperti ketiduran. Ketentuan ini didasarkan pada hadits nabi ;

عَنْ عِمْرَانَ، قَالَ: كُنَّا فِي سَفَرٍ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَإِنَّا أَسْرَيْنَا حَتَّى كُنَّا فِي آخِرِ اللَّيْلِ، وَقَعْنَا وَقْعَةً، وَلاَ وَقْعَةَ أَحْلَى عِنْدَ المُسَافِرِ مِنْهَا، فَمَا أَيْقَظَنَا إِلَّا حَرُّ الشَّمْسِ، وَكَانَ أَوَّلَ مَنِ اسْتَيْقَظَ فُلاَنٌ، ثُمَّ فُلاَنٌ، ثُمَّ فُلاَنٌ - يُسَمِّيهِمْ أَبُو رَجَاءٍ فَنَسِيَ عَوْفٌ ثُمَّ عُمَرُ بْنُ الخَطَّابِ الرَّابِعُ - وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا نَامَ لَمْ يُوقَظْ حَتَّى يَكُونَ هُوَ يَسْتَيْقِظُ، لِأَنَّا لاَ نَدْرِي مَا يَحْدُثُ لَهُ فِي نَوْمِهِ، فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ عُمَرُ وَرَأَى مَا أَصَابَ النَّاسَ وَكَانَ رَجُلًا جَلِيدًا، فَكَبَّرَ وَرَفَعَ صَوْتَهُ بِالتَّكْبِيرِ، فَمَا زَالَ يُكَبِّرُ وَيَرْفَعُ صَوْتَهُ بِالتَّكْبِيرِ حَتَّى اسْتَيْقَظَ بِصَوْتِهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ شَكَوْا إِلَيْهِ الَّذِي أَصَابَهُمْ، قَالَ: «لاَ ضَيْرَ - أَوْ لاَ يَضِيرُ - ارْتَحِلُوا»، فَارْتَحَلَ، فَسَارَ غَيْرَ بَعِيدٍ، ثُمَّ نَزَلَ فَدَعَا بِالوَضُوءِ، فَتَوَضَّأَ، وَنُودِيَ بِالصَّلاَةِ، فَصَلَّى بِالنَّاسِ
 
"Dari 'Imron, ia berkata, Kami pernah dalam suatu perjalanan bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kami berjalan di waktu malam hingga ketika sampai di akhir malam kami tidur, dan tidak ada tidur yang paling enak (nyenyak) bagi musafir melebihi yang kami alami. Hingga tidak ada yang membangunkan kami kecuali panas sinar matahari. Dan orang yang pertama kali bangun adalah si fulan, lalu si fulan, lalu seseorang yang Abu 'Auf mengenalnya namun akhirnya lupa. Dan 'Umar bin Al Khaththab adalah orang keempat saat bangun, Sedangkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bila tidur tidak ada yang membangunkannya hingga beliau bangun sendiri, karena kami tidak tahu apa yang terjadi pada beliau dalam tidurnya. Ketika 'Umar bangun dan melihat apa yang terjadi di tengah banyak orang (yang kesiangan) -dan 'Umar adalah seorang yang tegar penuh keshabaran-, maka ia bertakbir dengan mengeraskan suaranya dan terus saja bertakbir dengan keras hingga Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terbangun akibat kerasnya suara takbir 'Umar. Tatkala beliau bangun, orang-orang mengadukan peristiwa yang mereka alami. Maka beliau bersabda: Tidak masalah, atau tidak apa dan lanjutkanlah perjalanan. Maka beliau meneruskan perjalanan dan setelah beberapa jarak yang tidak jauh beliau berhenti lalu meminta segayung air untuk wudlu, beliau lalu berwudlu kemudian menyeru untuk shalat. Maka beliau shalat bersama orang banyak." (Shohih Bukhori, no.344)

Namun disunatkan untuk bergegas mengqodho' sholat yang ditinggalkan karena adanya udzur. Sedangkan apabila sholat tersebut ditinggalkan tanpa adanya udzur maka diwajibkan untuk segera mengqodho' sholat yang ditinggalkan menurut pendapat yang shohih.

3. Urutan qodho' sholat

Apabila sholat yang ditinggalkan lebih dari satu, disunatkan untuk mengqodho' sholat-sholat tersebut berurutan, sesuai dengan waktunya. Kesunatan ini didasarkan pada hadits ;

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ عُمَرَ بْنَ الخَطَّابِ، جَاءَ يَوْمَ الخَنْدَقِ، بَعْدَ مَا غَرَبَتِ الشَّمْسُ فَجَعَلَ يَسُبُّ كُفَّارَ قُرَيْشٍ، قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا كِدْتُ أُصَلِّي العَصْرَ، حَتَّى كَادَتِ الشَّمْسُ تَغْرُبُ، قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «وَاللَّهِ مَا صَلَّيْتُهَا» فَقُمْنَا إِلَى بُطْحَانَ، فَتَوَضَّأَ لِلصَّلاَةِ وَتَوَضَّأْنَا لَهَا، فَصَلَّى العَصْرَ بَعْدَ مَا غَرَبَتِ الشَّمْسُ، ثُمَّ صَلَّى بَعْدَهَا المَغْرِبَ

“Dari Jabir bin Abdillah rodhiyallohu’anhuma, bahwasannya Umar bin Khottob rodhiyallohu’anhu datang pada hari peperangan Khondaq setelah matahari akan tenggelam, lalu beliau mulai mencerca orang-orang kafir Quraisy (karena menyebabkan para sahabat terlambat sholat ashar), beliau berkata: “Wahai Rosulullah, aku belum melakukan sholat ashar padahal matahari hampir tenggelam.” Nabi shollallohu’alaihi wa sallam bersabda: “Aku pun belum sholat ashar.” Maka kami bangkit menuju lembah buthhan, lalu Nabi shollallohu’alaihi wa sallam berwudhu untuk sholat, kami pun ikut berwudhu, lalu Rosulullah shollallohu’alaihi wa sallam melakukan sholat ashar setelah matahari terbenam (di waktu maghrib), kemudian setelah itu beliau sholat maghrib.” (Shohih Bukhori, no.596)

4. Tata cara sholat qodho'

Cara mengerjakan sholat qodho' itu sama saja dengan sholat ada' )sholat yang dikerjakan pada waktunya) dalam semua hal, mulai dari syarat sah sampai  rukun-rukunnya. Sedikit perbedaannya terletak pada niatnya, dalam sholat qodho' disunatkan untuk mengganti kata "ada'an" dengan kata "qodho'an". Namun, hal ini tidak wajib, sebab dalam madzhab syafi'i tidak diwajibkan untuk menyinggung ada' atau qodho' ketika niat, hanya saja penambahan kata "qodho'an" dianjurkan untuk menghindari perselisihan seputar diwajibkannya penambahan tersebut.

( Dijawab oleh : Siroj Munir, NaufalAlbarinji Sebuah ManuskripKehidupan dan Mazz Rofii )


Referensi :
1. Al Majmu' Syarah Al Muhadzdzab, Juz : 3  Hal : 68-69
2. At Taqrirot Asy Syadidah, Hal : 210
3. Al Muhadzdzab, Juz : 1  Hal : 134-135


Ibarot :
Al Majmu' Syarah Al Muhadzdzab, Juz : 3  Hal : 68-69


قال المصنف رحمه الله : ومن وجب عليه الصلاة فلم يصل حتى فات الوقت لزمه قضاؤها لقوله صلى الله عليه وسلم (من نام عن صلاة أو نسيها فليصلها إذا ذكرها) والمستحب أن يقضيها على الفور للحديث الذي ذكرناه فإن أخرها جاز لما روي أن النبي صلى الله عليه وسلم فاتته صلاة الصبح فلم يصلها حتى خرج من الوادي ولو كانت على الفور لما أخرها وقال أبو إسحاق إن تركها بغير عذر لزمه قضاؤها على الفور لأنه مفرط في التأخير والمستحب أن يقضيها على الترتيب لأن النبي صلى الله عليه وسلم فاتته أربع صلوات يوم الخندق فقضاها على الترتيب فإن قضاها من غير ترتيب جاز لأنه ترتيب استحق للوقت فسقط بفوات الوقت كقضاء الصوم وإن ذكر الفائتة وقد ضاق وقت الحاضرة لزمه أن يبدأ بالحاضرة لأن الوقت تعين لها فوجبت البداءة بها كما لو حضره رمضان وعليه صوم رمضان قبله ولأنه إذا أخر الحاضرة فاتت فوجبت البداءة بها
................................
الشرح :  أما الحديث الأول فصحيح ففي صحيح البخاري عن أنس عن النبي صلى الله عليه وسلم قال (من نسي صلاة فليصل إذا ذكر) وفي صحيح مسلم عن النبي صلى الله عليه وسلم قال (إذا رقد أحدكم عن الصلاة أو غفل عنها فليصلها إذا ذكرها) وأما الحديث الثاني ففي الصحيحين عن عمران بن حصين رضي الله عنهما قال (كنا في سفر مع النبي صلى الله عليه وسلم وإنا أسرينا حتى كنا في آخر الليل وقعنا وقعة ولا وقعة أحلا عند المسافر منها فما أيقظنا إلا حر الشمس فلما استيقظ النبي صلى الله عليه وسلم شكوا إليه الذي أصابهم فقال لا ضير ولا ضرر ارتحلوا فارتحلوا فسار غير بعيد ثم نزل فدعا بالوضوء فتوضأ ونودي بالصلاة فصلى بالناس) وأما حديث فوات أربع صلوات يوم الخندق فرواه الترمذي والنسائي من رواية أبي عبيدة بن عبد الله بن مسعود عن أبيه وأبو عبيدة لم يسمع أباه فهو حديث منقطع لا يحتج به ويغني عنه حديث جابر رضي الله عنه أن عمر بن الخطاب رضي الله عنه جاء يوم الخندق بعدما غربت الشمس فجعل يسب كفار قريش وقال يا رسول الله ما كدت أصلي العصر حتى كادت الشمس تغرب فقال النبي صلى الله عليه وسلم (والله ما صليتها فقمنا إلى بطحان فتوضأ للصلاة وتوضأنا لها فصلى العصر بعدما غربت الشمس ثم صلى بعدها المغرب) رواه البخاري ومسلم قوله البداية لحن عند أهل العربية والصواب البداءة بضمن الباء والمد والبدأة بفتحها وإسكان الدال بعدها همزة والبدوءة ممدودة ثلاث لغات حكاهن الجوهري وغيره
أما حكم الفصل ففيه مسألتان إحداهما من لزمه صلاة ففاتته لزمه قضاؤها سواء فاتت بعذر أو بغيره فإن كان فواتها بعذر كان قضاؤها على التراخي ويستحب أن يقضيها على الفور قال صاحب التهذيب وقيل يجب قضاؤها حين ذكر للحديث والذي قطع به الأصحاب أنه يجوز تأخيرها لحديث عمران ابن حصين وهذا هو المذهب وإن فوتها بلا عذر فوجهان كما ذكر المصنف أصحهما عند العراقيين أنه يستحب القضاء على الفور ويجوز التأخير كما لو فاتت بعذر وأصحهما عند الخراسانيين أنه يجب القضاء على الفور وبه قطع جماعات منهم أو أكثرهم ونقل إمام الحرمين اتفاق الأصحاب عليه وهذا هو الصحيح لأنه مفرط بتركها ولأنه يقتل بترك الصلاة التي فاتت ولو كان القضاء على التراخي لم يقتل

At Taqrirot Asy Syadidah, Hal : 210

لا تجب نية إضافة الصلاة لله سبحانه وتعالى, ولا نية تعيين عدد الركعات, ولا نية استقبال القبلة, ولا نية الأداء أوالقضاءو بل كل ذلك سنة

Al Muhadzdzab, Juz : 1  Hal : 134-135

ولا يلزمه أن ينوي الأداء والقضاء ومن أصحابنا من قال يلزمه نية القضاء والأول هو المنصوص فإنه قال فمن صلى في يوم غيم بالاجتهاد فوافق ما بعد الوقت أنه يجزيه وإن كان عنده أنه يصليها في الوقت

37 komentar :

  1. Bleh kah atau apkah hukumnya jika kita mengqodlo' shlt Karena kondisi dalam pekerjaan yg tidak memungkinkan unt shlat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sholat adalah kewajiban sebagai seorang muslim yang harus dikerjakan, sesibuk apapun.

      Apabila sholat ditinggalkan, maka wajib diqodho', baik sholat tersebut ditinggalkan karena ada udzur (seperti ketiduran) atau tidak ada udzur (karena malas atau yang lainnya).

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Klu kita sdag ad acra n pulgx larut mlm.
    Pertanyaan:
    1.kita sdah menyiapkn alrm,agr dpt bgun subuh.misal 03.30. Lalu kita terbangun. Krna msih mengantuk, kita tdur lgi.apkh itu trmasuk udzur?n apkh itu trmsuk dosa.?
    2.klu kita bgunx trlanjur,maka itu termasuk udzur atau tdk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu udzur sholat adalah tidur, namun jika anda sebenarnya sudah bangun tapi tidur lagi sampai waktu sholat habis, hal tersebut tidak dikatakan udzur, dan berdosa, karena meninggalkan sholat tanpa udzur yang dibenarkan.

      Hapus
  4. Apakah boleh mengerrjaan shalat qodoq itu setelah shalat 'adaq...

    BalasHapus
  5. numpang nanya mas ^_^

    1)klo seandainya punya qodo ashar (punya uzur) trus dilaksankanya ditunda smp lupa shalat apa yang harus di qodo. itu gmna mlksnakn qodonya mas....?
    2)misal klo tidak shalat slma 2 thn tapi ada yg dikrjakan sebagian tp tidak ingat shalat apa saja yg sbagian itu, lalu mau d qodo, gimna cara mengqodonya pakah hrs dqodo jg slama 2thn pnuh tw tidak karna ada sbagian yg sudah dikerjakan,,,?

    tolong jawabanya ya.. ^_^ terima kasih

    BalasHapus
  6. Asalamualaikum wr, wb. Saya mau nanya, kalau misalnya saya ketiduran, pas bangun pada jam 06.30am terus apa yang harus saya lakukan..? Apa sih bacaan niatnya..? Apakah usoli fardol subhi rokataeni mustaqbilalkiblati qodo'a lilahitaala..?? Atau apa..? Tolong jawabannya, terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. untuk shalat qadha sm halnya dengan shalat fardu pd saat waktunya, namun perbedaan adalah pd niat yg adha'an jaadi qadha'an

      Hapus
  7. Assalamualaikum,,,, mau nanya nih,,,,, saya sering mninggalkan shalat fardhu, [̲̅̅a̲̅]ϑǻªª niat untuk menqodho nya,,,, tapi sya tidak tau cara nya gimana......????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wlkm slm wr wb,jk akhi sdh srg meninggalkan sholat wajib berarti sdh bgtu byk jumlah sholat yg tertinggal.Akn sulit utk menghitung brp jumlah sholat wajib yg hrs akhi qodo.Saran sy sebaiknya akhi lekas2lah bertobat utk tdk mengulangi lgi meninggalkan sholat wajib.Kmd perbanyaklah mengerjakan sholat sunnah spy bs menggantikan sholat wajib akhi yg tertinggal.Krn di akherat kelak,jk amalan sholat wajibnya tdk ada/kurang,amalan berikutnya yg di tanyakan oleh Alloh a/ amalan sholat sunnah.Wassalam

      Hapus
  8. Assalamualaikum.wr.wb
    Mau nanya jika yang mau kita laksanakan adalah shalat u/ mengqodo' shalat saudara kita yg sudah meninggal, 3 hari sebelum meninggal beliau sempat koma dan di 3 hari tsb tidak melaksanakan shalat ini yang mau saya laksanakan u/ mengqodo shalat nya apa harus sesuai waktu pada jam shalat atau langsung sekaligus tanpa jam shalat?
    Terus klw masalah niat gmna contoh:
    Usshali fardhu subhi qodo'an shalati m.jauhari bin abunawar lillahita'ala
    Wassalam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo orang yang sudah meninggal yang boleh di tebus oleh orang yang masih hidup hanya puasa dan haji,, kalo sholat tidak bisa mas..

      Hapus
    2. ah, yang jawab seperti ini berarti beda mdzhab. coba deh nanya ke yang sesama madzhab, biar gak bingung. karena di madzhab tertentu malah dianjurkan.

      Hapus
    3. Wa'alaikum slama...

      Mengqodho' sholat tidak harus dilakukan pada waktu yang sama..

      Adapun niat mengqodho' mayit, jika anda merasa kesulitan pakai bahasa indonesia atau bahasa lain juga boleh, niat nggak harus bahasa arab...

      Semisal dalam hati niat: "Sholat fardhu shubuh ini saya niatkan untuk bapak...."

      Hapus
  9. boleh kah meng QADHA shalat yang sengaja di tinggalkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut hambali dan hanafi mesti di qodho semampu nya. tp mazhab as syafii, anda disuruh bertobat karna ngga mungkin orang bisa mengganti sholat nya yg telah bnyak ditinggalkan..klo ane pilih yang tobat nasuha

      Hapus
  10. bolehkah mengerjakan sholat 5waktu dalam satu waktu …???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astagfirulloh...islam mmg fleksibel,meskipun begitu tdk bs lsg diambil yg gampang2nya sj.Mengqodo sholat mmg boleh tp atas dasar ada udzur,kl tanpa udzur mnrt ilmu yg sy dpt a/ termasuk lalai dan berdosa.Kl mengqodo sholat 5 waktu dlm satu waktu itu membuat aturan sdri tnp mengikuti aturan Alloh bahkan bs dibilang org yg mempermainkan agama.Jk mmg ada udzur,misal bepergian jauh (musyafir),islam memberi kemudahan kok yaitu dibolehkan menjamak sholat.Jamak jg ada tata caranya sdri & sholat yg boleh dijamak a/ dzuhur dg ashar dan maghrib dg isya.Boleh dijamak di awal waktu sholat (jamak takdim) misal pas tiba waktu sholat dzuhur berhubung mau melakukan perjalanan jauh jd sholat ashar sekaligus di jamak,begitu jg jk menjamak takdim sholat maghrib dan isya berarti pas di waktu sholat maghrib.Ada jg jamak takhir bedanya melakukannya di akhir waktu sholat yaitu dzuhur-ashar di wkt ashar,maghrib-isya diwaktu isya.Ketentuan jamak jk melakukan sholatnya msh dlm wilayah t4 tinggal,jumlah rekaatnya tetep sama,dzuhur-ashar (4-4) yaitu sholat dzuhur 4 rekaat salam kmd iqomah lsg sholat ashar 4 rekaat.Jk menjamaknya di luar wilayah t4 tinggal,boleh menjamak qoshor (menggabung sekaligus meringkas) & boleh jamak qoshor takdim atau jamak qoshor takhir.Jumlah rekaatnya diringkas jd (2-2),dzuhur-ashar (dzuhur 2 rekaat salam kmd iqomah dan lsg sholat ashar 2 rekaat sj),maghrib-isya (magrib 2 rekaat salam kmd iqomah dan lsg sholat isya 2 rekaat juga).Smg bermanfaat,kebenaran dtgnya dr Alloh & jk ada kesalahan murni dr sy serta mohon bimbingannya bgi yg lbh mengerti.

      Hapus
  11. saya sering meninggalkan sholat magrib karena bekerja
    apakah bsa mengqodo' nya pda waktu sholat isya'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sholat yang maghrib yang ditinggalkan bisa di qodho' pada waktu isya'..

      Namun, sebagai seorang muslim hendaknya perlu ingat bahwa meninggalkan sholat itu termasuk dosa besar, jadi sebisa mungkin kerjakan sesibuk apapun..

      Hapus
    2. jika kita lupa atau ragu apakah kita sudah mengerjakan sholat atau belum, apakah bisa meng-qodlo sholat? terimakasih

      Hapus
  12. Assalamualaikum. Mohon pencerahannya kepada TS terhormat yg bikin blog sangat bermanfaat ini. Saya berkegiatan di beda kota dan selesai dgn waktu yg tidak bisa diprediksi. Kadang akan mendekati maghrib atau sudah mau habis maghrib. Tmpat saya berkegiatan sangat sepi dan berbahaya sehingga sangat beresiko jika pulang sendirian. Dan saya pengguna kereta juga yang jam nya kacau dan fasilitas mushala blm ada d stasiun terdekat. Saya pulang pun masih harus berkegiatan yg lain jadi dikejar waktu. Jadi beberapa waktu kadang saya suka menjamak solat maghrib ke isya karena mengejar jam kereta dan kadang jika kereta lamban saya tidak bisa mengejar maghrib. Apakah hal yg saya lakukan ini salah? Terimakasih sebelumnya. Barakallah ilmu yg anda bagi.

    BalasHapus
  13. Sebaik nya cari pekerjaan lain kalau Pekerjaan itu membuat anda tidak bisa melaksanakan kewajiban shalat anda kepada Allah karena rezeki itu datangnya juga dari Allah..

    BalasHapus
  14. • Allah berfirman :
    “Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan agama itu, maka ikutilah syariat(peraturan) itu dan janganlah kamu ikuti hawa naf-su orang-orang yang tidak mengetahui “.(Al-Jatsiyah (45): 18).
    Not : Syariat =Ketetapan Allah yg tidak dapat di ubah ubah.

    BalasHapus
  15. Kalau pada saat magrib kita masih diperjalanan, pas sampai kerumah adzan isya berkumandang . . Apakah saya harus mengqodho atau menja'ma sholat nya? . . Terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  16. Yang harus dilakukan adalah qodho' sholat maghrib, bukan sholat jama', karena menjama' sholat dilakukan saat masih di perjalanan.

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Jika seseorang selama ini tdk pernah sholat dn bnyak sekali lalu kemudian ia bertaubat dn bertekad utk tdk mengulangi nya lg, apakah wajib ia meng qadha sholat yang telah di tinggalkannya pda msa lalu??

    BalasHapus
  18. Wa'alaikum salam.. sholatnya wajib diqodho'.. dan bisa dikerjakan sedikit demi sedikit..

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum wr wb.. Saya pernah shalat tapi shalat saya tidak khusyu, pikiran saya kemana2. Kita selesai shalat saya berasa tidak melakukan shalat karena tidak khusyu.. Apa yg harus saya lakukan? Mengulang shalat atau tidak? Niatnya bagaimana? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam.. Khusyu' bukanlah syarat sah sholat, jadi ketika kita sholat tidak khusyu' asal semua ketentuan yang menjadi syarat sah sholat terpenuhi maka sholat kita sudah dihukumi sah.

      Dan yang harus dilakuka adalah berusaha semaksimal mungkin agar sholat kita husyu', sebab kekhusyukan merupakan ruh dari sholat.

      Hapus
    2. apakah cara mengerjakan sholat qodho'sama jumlah rakaatnya sama dgn jmlh sholat yg di tinggalkan

      Hapus
  20. apakah boleh mengqodho solat bukan pada waktu solat tersebut?
    misal : saya lupa seharian tidak solat, trus saya ganti kelima solat fardhu tersebut diwaktu dhuha (pukul 8an) secara berkala (subuh-isya')
    trimakasih, Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    BalasHapus
  21. Ass,wkt magrib maaf sy pipis dan pas di lap ada bercak darah, otomatis sy tidak solat magrib dan isya,tpi ketika subuh tidak ada bercak darah tp sy tdk solat karna yakin haid dan sudah tanggalnya, tp sampe duhur ternyata tidak ada darah,jd bagaimana sikap sy hrs mengkodo 3 solat tersebut dan apakah ketika duhur sy harus mandi besar dl tp posiai sy lg kerja.

    BalasHapus